BENCANA DISEKITAR KITA

MARI KURANGI RISIKO BENCANA SEKARANG JUGA

Selasa, 11 Oktober 2016

pelatihan TRC kabupaten Malaka



Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang nggu kehrawan terhadap berbagai ancaman bencana. Ancaman – ancaman  yang selalu mengganggu kehidupan  masyarakat diantaranya, ancaman gempa bumi, banjir, longsor, tsunami, ancaman gunung api, angin kencang, kekringan dan wabah penyakit.

Beberapa Ancaman – ancaman diatas  juga dialami langsung oleh masyarakat di kabupaten  Malaka. Ancaman utama yag selalu mengganggu kehidupan masyarakat Malaka diantaranya Banjir, Longsor dan Kekeringan serta wabah penyakit.
 
Asisten I Sekda Malaka  didampingi Kalak BPBD kabupaten Malaka Ketika membuka kegiatan pelatihan
Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam tersebut maka sebagai langkah awal diperlukan komitmen dari semua satuan kerja perangkat daerah untuk bersama-sama melaksanakan upaya sinergis dan terintegrasi dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi dan melaksanakan penanggulangan bencana .Salah satu upaya kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana  diwujudkan dalam bentuk  Pelatihan Bagi Tim Reaksi Cepat Dinas Sosial Kabupaten Malaka.

Tim Rekasi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) adalah satuan yang dibentuk untuk  melaksanakan  kesiapsiagaan dan tindakan tanggap darurat serta penanggulangan bencana alam agar risiko korban jiwa dapat di minimalisir  serta pemenuhan kebutuhan dasar.
Upaya untuk membentuk dan memperkuat  TRC PB dalam melaksanakan kesiapsiagaan yang optimal adalah bentuk tanggung jawab negara terhadap perlindungan warga negara terhadap bencana 
Kabid 2 BPBD NTT sedang membawakan materi pelatihan

Kebutuhan untuk membentuk dan memperkuat TRC Kabupaten Malaka sejalan dengan semakin meningkatnya ancaman bencana di kabupaten Malaka ,  sehingga dalam  mengantisipasi dan merespon kejadian bencana yang paling mungkin terjadi, perlu dirumuskan suatu skenario latihan penanggulangan bencana yang melibatkan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana sebagai organisasi yang  dipersiapkan untuk mengantisipasi dan menanggulangi kejadian bencana alam di wilayah kabupaten Malaka.
Peserta pelatihan TRC kabupaten Malaka


Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malaka melalui bidang  Pencegahan dan kesiapsiagaan  memandang perlu untuk melaksanakan   peningkatan kemampuan anggota TRC di kabupaten Malaka dalam menyikapi situasi Darurat bencana yang terjadi

salah satu nara sumber dalam pelatihan TRC Kabupaten malaka



tujuan pelatihan bagi anggota TRC  adalah   Membangun kesadarann para pemangku kepentingan tentang pentingnya Tim Reaksi Cepat di Kabupaten  Malaka, Memberikan gambaran tentang Tugas dan fungsi TRC
serta Meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman  anggota TRC .


Tidak ada komentar:

Aktifitas PMPB NTT